Monday, April 15, 2013

Inilah Tanda Orang Terlalu Banyak Olahraga

Olahraga memang sangat bagus untuk dilakukan, tapi jangan terlalu berlebihan juga. Terlalu banyak berolahraga malah membuat kondisi badan tidak sehat. 





1. Kelelahan
Olahraga biasanya membuat seseorang semakin bertenaga. Namun terlalu banyak olahraga malah membuat kamu cepat lelah dan sulit memulihkan kondisi tubuh. Jika setelah selesai berolahraga kamu merasa ingin cepat tidur, tandanya kamu terlalu berlebihan.
2. Sering sakit
Olahraga memang boleh menguatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi jika sudah olahraga masih sering sakit, bererti kamu tidak berolahraga dalam kadar yang cukup. Terlalu banyak olahraga bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya semakin sulit melawan virus.
3. Detak jantung meningkat
Periksa denyut nadi ketika berbaring. Jika detak jantung lebih cepat dari biasanya, sebaiknya beristirahatlah. Kenaikan detak jantung hingga 10 persen menunjukkan bahwa tubuh kamu perlu istirehat.
4. Kaki terasa berat
Kaki yang terasa berat saat melangkah juga bisa menjadi indikasi kamu terlalu keras dalam berolahraga. Ada baiknya kamu istirahat dan mengurangi jam ber-olahraga. Untuk mengurangi gejala ini, kamu boleh memijat atau meregangkan tubuh.
5. Otot kaku
Olahraga yang benar akan membuat otot lebih fleksibel dan tidak kaku. Namun jika mengalami kekakuan otot selama lebih dari 48 jam setelah berolahraga, bererti kamu terlalu banyak melakukan olahraga. Jika gejala ini sudah terjadi, lebih baik kamu mengurangi jam olahraga dan juga intensitinya.

MP : Sumber